Kamis, 09 Februari 2012

Sejarah SMK Manunggal Cibinong


A.    Deskripsi Kondisi Sekolah
Adapun SMK MANUNGGAL CIBINONG berada di kelurahan pabuaran Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor, berdekatan dengan Kecamatan Citeureup, Kecamatan Cimanggis Depok, Kecamatan Sukmajaya Depok, dan Kotamadya Bogor, di mana wilayah - wilayah tersebut terdapat kira - kira 105 SMP baik Negeri maupun swasta.
SMK MANUNGGAL CIBINONG berdiri sejak tahun 1985 telah memiliki gedung sendiri yang representatif, terletak di kawasan stategis kab.Bogor.Dengan luas tanah 20000 M dan luas bangunan 15000 M SMK MANUNGGAL CIBINONG memiliki 36 ruang yang meliputi
Peralatan :
     -        Peralatan Kantor
     -        Peralatan Praktek
          -        Peralatan Penunjang
Perabot :
-        22      :        Ruang Belajar
          -        1        :        Ruang Kepsek
-        1        :        Ruang Guru
-        1        :        Ruang Wakasek
-        1        :        Ruang Tata Usaha
-        1        :        Ruang Mengetik
-        1        :        Ruang Koperasi
-        1        :        Ruang Komputer
-        1        :        Ruang Komputer Akuntansi
-        1        :        Ruang Lab.Pemrograman
-        1        :        Lab.Jaringan & Sistem operasi
-        1        :        Ruang OSIS
-        1        :        Ruang PMR
-        1        :        Ruang Financial Section
-        4        :        Ruang Toilet
-        1         :        Ruang Perpustakaan
-        8         :        Kantin
Peralatan di atas dapat di gunakan dengan baik oleh seluruh komponen sekolah dari semua program keahlian berdasarkan kebutuhan di tiap program yang bersangkutan. Dengan jumlah guru sebanyak 36 orang dan 7 staf serta jumlah siswa 720 dengan rincian Kelas
I : 7 ( Tujuh ), Kelas II : 7 ( Tujuh ), Kelas III : 7 ( Tujuh ), kelas terbagi dalam 4 program Keahlian, Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan, Rekayasa perangkat Lunak ( RPL ).

Kondisi Sumber Dana Sekolah
Kondisi Keuangan SMK MANUNGGAL CIBINONG dapat di ketahui dari anggaran pendapatan dan Belanja Sekolah ( APBS ), Adapun sumber dana yang di miliki oleh sekolah untuk membiayai seluruh operasional serta serta alokasi pembiayaannya terdiri dari:
a.)   Pendapatan Sekolah
-      Penerimaan Siswa Baru ( PSB )
-      Sumbangan Pendidikan
-      Subsidi dari yayasan
b.)   Belanja Sekolah
-      Pengembangan sarana dan Prasarana
-      Kegiatan Rumah tangga Sekolah
-      Kesejahteraan personil
-      Pendidikan Sistem Ganda
-      Kegiatan Peserta Diklat
-      Proses Kegiatan DIKLAT
-      Program Pengawasan
Dalam pelaksanaanya kegiatan di sekolah apabila hal - hal yang sifatnya mendesak maka pihak sekolah dapat mengajukan perubahan APBS kepada Yayasan Pendidikan Al-Huda dalam hal mendapatkan anggaran biaya tambahan.


Potensi eksternal SMK MANUNGGAL CIBINONG
Dalam menghadapi otonomi daerah Kab.Bogor memerlukan banyak tenaga kerja yang berguna dalam mengembangkan industri.Adapun potensi eksternal yang di miliki oleh SMK MANUNGGAL CIBINONG adalah :
-    Jumlah tamatan SMP dan sederajat yang terus meningkat dari tahun ke tahun
-    Kebutuhan tenaga kerja yang berkualitas
-    Keadaan perekonomian di Kabupaten Bogr yang terus meningkat
-    Adanya kebijakan pembanguna yang kondusif
-    Adanya dukungan dari masyarakat dan dunia usaha / Dunia Industri
-    Adanya dukungan dari pmerintah daerah dan pemerintah pusat
Mengingat SMK MANUNGGAL CIBINONG berlokasi di padat industri di mana kebutuhan akan tenaga kerja yang memiliki potensi banyak di butuhkan maka SMK MANUNGGAL CIBINONG telah menjadi pilihan untuk kebutuhan tersebut.Sampai saat ini terjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan seperti : PT.PLN ( PERSERO ), PT.TELKOM INDONESIA, PT.INDOCEMENT TUNGGAL PRAKASA Tbk, PT.BUKAKA TEHNIK, BANK JABAR.

B.    Program keahlian yang di kembangkan
Saat ini SMK MANUNGGAL CIBINONG memiliki 4 program keahlian : Akuntansi, Administrasi Perkantoran, Penjualan, dan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ).

C.   Spesifikasi Keunggulan
-    Keunggulan bidang Akademik ;
-    Unggul dalam proses KBM/Pendidikan dan Latihan
-    Unggul dalam LKS ( Lomba Kompetensi Siswa )
-    Unggul dalam kualitas lulusan
-    Unggul dalam penyerapan Lulusan di Dunia kerja
-    Keunggulan bidang Non Akademik
-    Unggul dalam pembinaan sekolah
-    Unggul dalam prestasi PASKIBRAKA


D.    Strategi Pelaksanaan Mencapai Visi dan Misi
1.  Memperdayakan secara oftimal semua potensi sumber daya sekolah dalam rangka mewujudkan pelayanan prima pada masyarakat.
2. Meningkatkan pelayanan DIKLAT/KBM
3. Membudayakan Disiplin kerja dan belajar untuk semua komponen ssekolah
4. Meningkatkan kesejahteraan Komponen sekolah, sesuai kemampuan lembaga sekolah
5. Meningkatkan profesionalisme kepala sekolah, Guru dan staf TU melalui pembinaan dan atau penataran di dalam atau luar lingkungan sekolah
6. Meningkatkan pelayanan pembinaan siswa melalui kegiatan layanan yang edukatif seperti layanan BP/BK, Kegiatan Ekstrakururikuler, Kegiatan pembinaan keagamaan dll.
7. Mengoptimalkan kegiatan unit produksi sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga sekolah.
8. Meningkatkan kerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri dan instansi terkait.

1 komentar:

  1. pih....
    tank berat ni tulisannya sangat bermanfaat untuk saya...

    salam hormat selalu

    BalasHapus